Rabu, 02 Januari 2013

Causative Have/ Get



   Causative have dan get digunakan untuk menyatakan suatu pekerjaan yang dilakukan orang lain untuk si Subjek. Causative have berarti menyuruh/ memerintahkan seseorang melakukan sesuatu, sedangkan causative get berarti meminta (dengan persuasif) seseorang melakukan sesuatu.
*      Rumus Active
S + have/has/had + Object¹ + V1 + Object²
S + get/gets/got + Object¹ + to V1 + Object

Example for causative have:
(1)   She   has   the shoemaker   mend   her shoes
                              S               Someone/O¹         V1    something/O²
                              (Dia menyuruh Pembuat sepatu  memperbaiki sepatunya)
                                                             O¹                      V1                  O²
(2)   I had mechanic repair my car.
                  (saya menyuruh mekanis memperbaiki mobil saya 
(3)   My parents always have me get up early in the morning

Example for causative get:
(1)   She gets the shoemaker to mend her shoes.
      (Dia meminta Pembuat sepatu memperbaiki sepatunya)
(2)   I got the mechanic to repair my car.
                              (saya meminta mekanis memperbaiki mobil saya)
(3) Rosalia usually gets her mother to fry some eggs

*      Rumus Passive
S + have/has/had + O + V3
S + get/gets/got + O + V3
Example for causative have:
(1)   The manager has the letter  typed.
                                                     O          V3
                    (Menejer menyuruh surat itu diketik)
(2)   I want to have my parents always got me up in the morning
Example for causative get:
(1)   The manager gets the letter typed.
                    (Menejer meminta surat itu diketik)
(2)   Rosalia got the eggs fried by her mother